Thinkpads

Lifestyle Blog

Perbedaan Mobil Bertenaga Diesel dan Bensin

f:id:thinkpads:20181214124103j:plain

Berpikir untuk memilih mobil dengan mesin diesel? Inilah yang perlu Anda ketahui

Apa yang terlintas dalam pikiran ketika Anda memikirkan mesin diesel? Gerbang diesel? Gemuruh rig besar memuntahkan gumpalan kembar asap hitam? Membanjiri sedan tua yang tidak bisa keluar dari jalan mereka sendiri didorong oleh profesor pipa rokok yang mengenakan jaket wol? Big dite pickup mengangkut trailer kuda di bagian terpencil bangsa?

Tidak satu pun dari gambar itu yang kami sebut menyanjung. Mereka juga tidak sepenuhnya akurat. Memang benar, diesel telah mendapatkan reputasi yang buruk di Amerika Serikat selama beberapa tahun terakhir, tetapi desas-desus tentang kematian yang akan segera terjadi sangat dibesar-besarkan. Itu belum mati, dan hasil dari model bertenaga diesel saat ini menunjukkan bahwa mungkin untuk membangun mesin diesel yang bersih dan efisien tanpa mengorbankan kinerja.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mesin turbodiesel modern.

Diesel vs Bensin

Mesin diesel, seperti sepupu dekat mereka, mesin bensin, adalah mesin pembakaran internal (ICE). Itu berarti bahan bakar dicampur dengan udara saat masuk ke mesin dan campuran itu dikompresi secara internal, di dalam silinder mesin. Pada titik tertentu, bahan bakar menyala (membakar), mendorong piston ke bawah dan memutar poros engkol, yang terhubung ke transmisi kendaraan dan akhirnya memutar roda. Piston kemudian bergerak naik ke dalam silinder, mendorong gas yang terbakar keluar dari mesin dan mengeluarkan knalpot sebagai knalpot. Siklus ini berulang beberapa kali per detik.

Semakin banyak silinder yang dimiliki mesin, semakin halus ia cenderung berjalan dan semakin banyak kekuatan yang dapat dilakukannya karena peristiwa pembakaran terjadi sangat berdekatan. Semakin banyak silinder yang dimiliki mesin, mesin yang lebih kompleks dan mekanis menjadi tidak efisien. Bagaimana silinder dikonfigurasi juga memiliki pengaruh terhadap kinerja, getaran, dan faktor lainnya. Itu benar untuk mesin gas dan diesel.

Di mana mesin diesel dan gas menyimpang adalah bagaimana bahan bakar dinyalakan di dalam mesin. Dalam mesin gas, udara dan bahan bakar dikompresi dan, pada titik kritis dalam waktu siklus, busi menyulut campuran. Namun dalam mesin diesel, tidak ada busi. Ketika solar dan udara cukup diperas, kompresi ekstrim menghasilkan panas yang cukup sehingga campuran tersebut secara spontan terbakar. Ini dikenal sebagai "pengapian kompresi", dan ini adalah dasar cara kerja mesin diesel. Ketika mesin bensin memiliki pengapian kompresi, kita sering menyebutnya "ketukan," dan itu dapat merusak mesin. Namun mesin diesel dibangun untuk memanfaatkannya.

Perbedaan Harga

Bahan bakar diesel, yang mirip sirup dibandingkan dengan bensin berair, mengemas lebih banyak pukulan dalam hal energi per unit berat daripada bensin (katakanlah, per galon atau liter). Meskipun biayanya lebih mahal daripada bensin, ia mengandung lebih banyak energi potensial, jadi lebih sedikit solar yang diperlukan dalam hal bahan bakar untuk mencapai jumlah kerja yang sama (dalam hal ini, jarak mengemudi) sebagai bensin. Itulah sebabnya mobil diesel cenderung mendapatkan jarak tempuh dalam 30-an, 40-an, atau 50-an - atau lebih - tergantung pada jenis mesin dan kendaraan. Dalam hal biaya perbandingan bahan bakar, itu adalah pencucian atau sedikit keuntungan untuk bahan bakar, tergantung pada perbedaan harga, kendaraan, dan gaya mengemudi. Tetapi secara keseluruhan, biaya akhir untuk menggunakan bahan bakar dari waktu ke waktu akan hampir sama.

Pemilik diesel juga memiliki pilihan bahan bakar lain: minyak biodiesel. minyak biodiesel dibuat dari sumber non-minyak seperti minyak goreng atau minyak sayur. Memang, mesin diesel pertama menggunakan bahan bakar solar yang berasal dari minyak kacang tanah. Dan ketika membuat bensin sendiri di rumah sangat rumit, berbahaya, dan keliru, adalah mungkin untuk membuat minyak biodiesel sendiri dengan menggunakan kit siap pakai.

Mendapatkan kendaraan diesel Anda untuk menggunakan minyak biodiesel mungkin memerlukan beberapa modifikasi kecil - terutama jika itu lebih tua - tetapi itu tergantung pada beberapa faktor, termasuk berapa persentase bahan bakar Anda adalah minyak biodiesel, yang dapat dicampur dengan diesel biasa. Ada komunitas minyak biodiesel online besar yang dapat menjawab pertanyaan tentang alt-fuel yang populer. Biaya per galon bio-diesel mungkin juga lebih tinggi daripada bahan bakar pompa, tetapi karena Anda dapat membuatnya sendiri, itu benar-benar tergantung pada agregat biaya peralatan, sumber minyak (yang bisa bebas), dan waktu Anda.

Daya Kekuatan vs Torsi

Baik mesin bensin dan diesel diukur dalam hal tenaga kuda dan torsi. Kekuatan adalah ukuran kekuatan, sementara torsi adalah ukuran kekuatan memutar mesin pada driveline. Sejumlah besar keduanya bagus, tetapi jika Anda memiliki banyak tenaga kuda dengan hanya sedikit torsi, kendaraan Anda akan lambat untuk pergi. Ini adalah torsi yang membuat semuanya bergerak, itulah mengapa mesin diesel digunakan dalam truk besar; mereka sangat bagus untuk memindahkan beban berat karena mereka memiliki begitu banyak torsi. Tapi mesin diesel tidak naik sangat tinggi, sehingga mereka menghasilkan tenaga kuda lebih sedikit daripada mesin gas, itulah sebabnya mengapa tidak banyak Honda Makassar Indah sport dengan mesin diesel.

Keandalan

Karena mesin diesel menggunakan pengapian kompresi, yang dapat dengan cepat merusak mesin gas, mereka dibuat tangguh. Dan karena mereka berasal dari warisan pekerja keras, mereka cenderung dapat diandalkan dan memerlukan sedikit perawatan. Ini digunakan untuk menerjemahkan menjadi satu ton berat, tetapi dengan metode manufaktur modern, penalti berat untuk mesin diesel telah sangat berkurang dan bobot mesin sekarang secara umum setara dengan mesin gas.

Polusi

Ini adalah salah satu alasan mesin diesel secara tradisional mengalami kesulitan membuat terobosan di pasar mobil baru - terutama di belakang Gerbang diesel - tetapi teknologi telah mengejar dan sekarang mesin diesel berjalan lebih bersih dari sebelumnya. Ini berlaku untuk rig besar, pickup, dan mobil, meskipun, mesin diesel masih bisa lebih kotor daripada mobil karena bahan bakarnya tidak terbakar sepersih bensin. Semua benda hitam yang keluar dari knalpot selama beberapa dekade termasuk banyak jelaga, sebagian disebabkan oleh pembakaran belerang, yang hadir dalam bahan bakar diesel. Sebagian besar belerang, bagaimanapun, telah dihapus dari bahan bakar diesel modern, dan penyaringan lebih lanjut dari knalpot diesel di beberapa mobil telah benar-benar mendorong mereka ke garis depan kendaraan yang bersih.

Kebisingan

Mari kita hadapi itu, mobil diesel awal terdengar seperti ... truk. Tidak masalah jika itu memiliki bintang Mercedes-Benz di kap mesin dan mendapat 50 mpg, itu masih terdengar seperti semi kecil ketika Anda memulainya. Sekali lagi, bagaimanapun, teknologi modern telah banyak mengurangi keluhan ini. Polusi suara sering dikaitkan dengan mesin diesel lama yang hilang, bersama dengan awan asap hitam yang muncul ketika kendaraan mulai naik. Dan dari bagian paling dalam kendaraan penumpang diesel, pengalaman berkendara pada dasarnya sama dengan mobil bertenaga gas. Bagi kebanyakan orang, jika Anda tidak memberi tahu mereka bahwa mereka berada di kendaraan bertenaga diesel, mereka mungkin tidak akan tahu.